Tanya Herbal

Waspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat

Ada beberapa macam anemia dan masing-masing mempunyai penyebab tersendiri. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai anemia yang disebabkan karena kurangnya vitamin B12 atau folat di dalam tubuh.

Vitamin B12 atau folat bisa berkurang di dalam tubuh. Kondisi ini disebut dengan anemia defisiensi folat yang menyebabkan tubuh menghasilkan sel darah merah namun tidak berfungsi dengan baik. Anemia seperti ini terjadi saat tubuh kesulitan atau bahkan tidak mampu menyerap vitamin B12. Gejala anemia defisiensi folat adalah berupa tubuh yang selalu lelah dan letih. Jika hal ini terjadi pada Anda, konsultasikan kepada dokter. Biasanya dokter akan melakukan tes darah dan dokter memberikan diagnosis anemia sehingga penting untuk mewaspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat.

Biasanya defisiensi B12 terjadi pada orang lanjut usia dan ibu hamil. Terbilang jarang terjadi pada anak muda sekalipun menjalani gaya hidup vegetarian. Defisiensi folat biasanya umum terjadi pada orang tua di atas usia 75 tahun. Dampak yang paling umum dari defisiensi vitamin 12 adalah anemia pernisiosa.

Apa akibatnya jika seseorang mengalami kekurangan folat atau vitamin B12, selain sering merasa letih dan lelah?


Perlu Anda ketahui, dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah, perlu kerjasama antara vitamin B12 atau folat yang bermanfaat untuk membantu menjaga sistem saraf agar selalu sehat. Termasuk saraf, otak, serta saraf tulang belakang. Tidak hanya itu, folat juga merupakan asupan penting yang harus dimiliki ibu hamil. Jika kekurangan folat, risiko melahirkan bayi cacat bisa meningkat. Oleh karena itu, ibu hamil Waspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat, Karena mengingat sangat pentingnya folat bagi ibu hamil.

Vitamin B12 atau folat dapat ditemukan dalam telur, daging, serta produk olahan susu. Sementara sumber folat terbaik bisa didapat dalam sayuran hijau seperti kol brussel, kacang polong, serta brokoli. Selain rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan folat, dalam mengobati anemia defisiensi folat juga ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Anemia jenis ini sebenarnya mudah diatasi. Pengobatan anemia defisiensi vitamin B12 biasanya diberikan lewat suntikan. Namun biasanya dokter akan mendiagnosa penyebab kekurangan vitamin B12 apakah ada kaitannya dengan pola makan atau tidak. Umumnya, apapun penyebab anemia jenis ini, dokter akan memberikan tablet suplemen vitamin B12 diantara jadwal makan. Bisa juga dengan teratur melakukan suntikan vitamin B12. Tetapi pengibatan tersebut perlu dilakukan seumur hidup.

Untuk meningkatkan asam folat dalam tubuh diperlukan tablet asam folat. Tablet tersebut harus dikonsumsi sekitar 4 bulan agar kadar asam folat dalam tubuh menjadi normal. Jangan anggap remeh jika Anda mengalami defisiensi asam folat karena hal ini bisa menyebabkan komplikasi sekalipun memang jarang terjadi. Beberapa komplikasi yang bisa terjadi karena kekurangan asam folat diantaranya adalah ada masalah dengan sistem saraf, paru-paru, dan jantung, serta bisa meningkatkan risiko kemandulan.

Sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan akan asam folat sebagai tindakan mencegah sekaligus mewaspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat, Jika anda sedang mengalami anemia penting untuk anda untuk berkonsultasi dahulu sebelum mengkonsumsi obat herbal atau kimia.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 28 September 2016 11:34:31

Waspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tak banyak yang menyadari gejala lemas letih dan lesu bisa jadi gejala anemia simak artikel Waspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Anemia Defisiensi Besi Banyak Terjadi di Indonesia

Anemia defisiensi besi banyak terjadi…

Kesehatan
Chlamydia Berisiko Menimbulkan Komplikasi Berbahaya

Simaklah informasi berikurt ini tentang…

Kesehatan
Kalazion, Benjolan Pada Kelopak Mata Bawah Atau Atas

Kalazion, benjolan pada kelopak mata…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top