Tanya Herbal

Aritmia, Jantung Berdetak Tidak Teratur

Pernahkah Anda merasakan jantung berdetak dengan terlalu lambat, terlalu cepat, serta tidak teratur atau tidak ber irama? Hal tersebut menandakan Anda terkena aritmia. Ini disebabkan karena impul selektrik tidak berfungsi dengan baik. Impul selektrik berperan dalam mengatur detak jantung. Umumnya, ada empat jenis aritmia jantung berdetak tidak teratur yang sering terjadi.


  1. Bradikardia merupakan kondisi saat jantung berdetak lebih lambat dan tidak teratur.

  2. Takikardia supraventricular merupakan kondisi saat jantung berdenyut lebih cepat dan tidak normal.

  3. Fibrilasi atrium merupakan kondisi saat detak jantung tidak teratur atau tingkat kontraksi jantung sangat tinggi.

  4. Fibrilasi ventrikel merupakan jeni saritmia yang bisa menyebabkan penderitanya hilang kesadaran atau mengalami kematian mendadak karena detak jantung sangat cepat dantidak teratur.

Karena aritmia jantung berdetak tidak teratur, terlalu cepat, atau terlalu lambat, maka penderita aritmia biasanya mengalami gejala lelah, pusing, pingsan, nyeri dada, serta sesak nafas.Temui dokter jika Anda sering mengalami gejala - gejala seperti itu. Biasanya dokterakan mendiagnosis penyakit Anda. Diagnosis penting dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak menderita aritmia jenis fibrilasi ventrikel yang mematikan.

Orang yang menderita aritmia fibrilasi ventrikel bisa pingsan dalam waktu cepat bahkan dengan cepat bisa kehilangan nyawa.Hal tersebut terjadi karena adanya tekanan darah yang merosot keotak yang terbilang organ vital, atau bahkan aliran darah terhenti karena ketidak mampuan jantung dalam memompa darah. Jika di  sekitar Anda terdapat orang yang menderita jeni saritmia tersebut, langsung hubungi ambulans dan bawa kerumah sakit terdekat. Sambil menunggu tiba di rumahsakit atau menunggu ambulans datang, beri nafas buatan agar penderita memiliki peluang hidup lebih besar.

Lalu apa yang menyebabkan seseorang menderita aritmia? Ada beberapa faktor penyebab aritmia di antaranya adalah polusi udara, merokok, stress, sengat anlistrik, penggunaan narkoba, efek samping obat - obatan, menderita diabetes, pernah terkena serangan jantung, menderita tekanan darah tinggi, menderita penyakit jantung koroner, mengalami perubahan pada struktur jantung, menderita gangguan kelenjar tiroid, dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau kafein.

Untuk mencegah aritmia, beberapa langkah bisadilakukan. Langkah - langkah yang dilakukan adalah melakukan lawan dari penyebab aritmia itu sendiri seperti menghindari stress, menjaga berat badan, menghindari rokok, minuman keras, dan kafein, mengonsumsi makanan sehat, tidak sembarangan mengonsumsi obat tanpa petunjuk dari dokter terutama obat pilek dan obat batuk yang memiliki zat stimulant pemicu jantung berdetak cepat, serta membiasakan diri untuk berolahraga dengan teratur.

Jika aritmia tidak terdiagnosa sejak awal tau Anda mengabaikan hidup sehat, aritmia bisa mengundang komplikasi yang lebih berbahaya untuk tubuh seperti menderita gagal jantung, stroke, sampai kematian.Sayang itu buh Anda dengan menjalani pola hidup sehat mulai sekarang!

Nah, itulah sekian yang dapat saya bahas kali ini informasai kesehatan tentang Aritmia, Jantung Berdetak Tidak Teratur. semoga vermanfaat untuk anda dan tentunya menambah pengetahuan anda tentang kesehatan.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 28 September 2016 09:46:56

Aritmia, Jantung Berdetak Tidak Teratur
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Simaklah informasi tentang Aritmia, Jantung Berdetak Tidak Teratur yang akan saya bahas kali ini secara lengkap
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Kesehatan
Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)…

Kesehatan
Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Bagi Anda yang ingin tahu…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top