Tanya Herbal

Jenis Pemeriksaan Kadar Gula Darah

Dalam ilmu kesehatan keberadaan zat glukosa ataupun gula dalam darah disebut sebagai gula darah. Kadar gula darah yang normal pada tubuh sangat penting sekali bagi kinerja serta kesehatan tubuh. Mempunyai kadar gula darah yang normal pada tubuh sangat penting karena bisa menunjang kinerja tubuh serta membuat tubuh tetap sehat.

Kadar gula darah yang normal tidak berpatokan pada satu angka baku saja, karena kadar ini bisa berubah seperti saat sebelum serta sesudah makan ataupula saat waktunya tidur.


Dibawah ini adalah kisaran kadar gula darah yang normal pada tubuh :

  • Sebelum makan : 70 - 130 mg/dL
  • 2 jam sesudah makan : < 180 mg/dL
  • Sesudah tidak makan atau puasa : < 100 mg/dL
  • Menjelang tidur : 100 - 140 mg/dL

Menjaga kadar gula darah supaya dalam angka yang normal sangat penting sekali. Gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) atau terlalu tinggi (hiperglikemia) bisa berdampak buruk pada tubuh.


Jenis pemeriksaan kadar gula darah dalam tubuh terbagi dalam beberapa macam, diantaranya :

GDS atau Gula Darah Sewaktu
Jenis pemeriksaan kadar gula darah GDS ini merupakan pemeriksaan gula darah acak yang bisa dilakukan kapan saja. Oleh sebab itu tidak membutuhkan persiapan sebelum melakukan pemeriksaan ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi kadar gula darah normal, karena pada orang normal memang kadar gula darah sepanjang hari tidak berbeda jauh.

Pemeriksaan kadar gula darah GDS ini cukup sederhana serta bisa dilakukan sendiri dirumah menggunakan alat pemeriksaan gula darah. Rentan nilai normal Gula Darah Sewaktu yaitu 70 - 20 mg/dL.

GDP atau Gula Darah Puasa
Jenis pemeriksaan kadar gula darah GDP merupakan pemeriksaan gula darah yang dilakukan sesudah menjalani puasa minimal 8 jam. Pemeriksaan ini sangat berguna untuk mendeteksi diabetes serta pre-diabetes. Rentan nilai norma Gula Darah Puasa yaitu 70 - 126 mg/dL.

TTOG atau Tes Toleransi Glukosa Oral
Jenis pemeriksaan kadar gula darah TTOG merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi respon hormon insulin tubuh dengan pemberian gula murni. Pemeriksaan ini sangat membutuhkan persiapan, yaitu mulai dengan diet karbohidrat maksimal 150gr 3hari sebelum dilakukan pemeriksaan, serta menghindari obat yang bisa mempengaruhi gula darah, terus harus melakukan puasa 12 jam juga sebelum pemeriksaan.

Dan saat pemeriksaan diberikan gula murni 75mg dalam 250ml air, sesudah itu pada 2 jam kemudian akan dilakukan pemeriksaan gula darah untuk melihat respon tubuh terhadap pemberian gula. Nilai normal 70 - 126 mg/dL.

Dari ketiga jenis pemeriksaan kadar gula darah tersebut, tidak harus dilakukan semuanya untuk menentukan apakah seseorang normal, terkena pre-diabetes atau diabetes. Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu dilakukan sebanyak dua kali pemeriksaan atau pemeriksaan Gula Darah Sewaktu dan Gula Darah Puasa yang menunjukan hasil abnormal sudah bisa mendiagnosis diabetes.

Tes Toleransi Glukosa Oral juga biasanya disarankan apabila pemeriksaan GDS dan GDP menunjukan kecendrungan pre-diabetes. Segeralah konsultasi dengan dokter mengenai hasil pemeriksaan kadar gula darah apabila dirasa hasilnya tidak sesuai dengan nilai normal.

By Hendi Nuraen - Kesehatan Senin, 25 Juli 2016 09:46:49

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser

Berikut informasi tentang Dislokasi, Cedera…

Kesehatan
Kesehatan
Penyebab Batuk dan Cara Mengobati Batuk Pada Anak-Anak

Informasi lengkap tentang penyebab batuk…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top