Tanya Herbal

Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas

Asma adalah sebuah penyakit jangka panjang yang bisa menyebabkan penderitanya batuk-batuk, sulit bernafas, serta mengalami mengi saat asmanya kambuh. Tingkat keparahan penyakit ini berbeda pada seiap orang dan biasanya dapat dikontrol dengan baik. Asma, penyakit yang menyebabkan sulit bernafas ini bisa terjadi ketika bronkus atau saluran nafas mengalami in!amasi. Bronkus adalah salah satu bagian dari sistem pernafasan yang memiliki bentuk seperti tabung kecil. Fungsinya membawa udara keluar-masuk dari paru-paru. Bronkus pada penderita asma biasanya lebih sensitif dan gampang mengalami peradangan atau inflamasi dibandingkan dengan orang normal.


Saat paru-paru penderita asma teriritasi oleh hal yang menjadi pemicu asma, maka saluran nafasnya akan menjadi sempit, produksi dahak meningkat, serta otot di sekitarnya jadi mengencang. Kemudian timbul berbagai gejala asma seperti sulit bernafas, dada terasa sesak, batuk-batuk, dan mengi. Serangan parah gejala tersebut dikenal sebagai eksaserbasi asma akut. Meski jarang terjadi, pada beberapa kasus, asma juga bisa mengancam nyawa. Untuk penderita asma kronis, inflamasi yang terjadi pada saluran nafas yang berulang-ulang dan berlangsung lama dapat menyebabkan penyempitan permanen.

Jika seseorang telah didiagnosa menderita asma sejak anak-anak, gejalanya bisa jadi hilang saat dia beranjak remaja dan muncul lagi ketika dewasa. Gejala asma yang tergolong sedang sampai berat di masa anak-anak, cenderung tetap saat dia remaja meski bisa juga kembali muncul. Meski demikian, asma penyakit yang menyebabkan sulit bernafas bisa muncul di usia berapapun serta tidak selalu berawal sejak masa anak-anak.

Seiring berkembangnya industri dan jumlah penduduk di Indonesia, asma semakin menjadi perhatian. Terlebih dengan bertambahnya faktor-faktor pemicu. Peningkatan penyakit asma berkaitan juga dengan gaya hidup, kebiasaan merokok, pola makan, polusi udara dan kendaraan, serta paparan alergen.

Asma, penyakit yang menyebabkan sulit bernafas ini merupakan penyakit genetik. Orang yang memiliki riwayat keluarga atau orang tua penderita asma, kemungkinan besar bisa mengalami penyakit yang sama. Namun meski demikian, penyebab dasar penyakit yang satu ini masih diteliti. Beberapa faktor pemicu asma diantaranya adalah bulu hewan, tungau debu, udara dingin, asap rokok, infeksi paru-paru, serbuk sari, serta olahraga. Aktivitas atau pekerjaan tertentu pun bisa memperburuk penyakit asma. Misalnya aktivitas pekerja bangunan yang sering terpapar pasir atau debu.

Dalam menangani penyakit asma, biasanya hanya untuk meredakan gejalanya. Obat asmanya sampai sekarang belum ditemukan. Namun ada beberapa penanganan untuk mengendalikan asma. Penanganan dititikberatkan pada dua sasaran penting yakni mencegah terjadinya serangan asma dan meredakan gejalanya. Kedua hal tersebut melibatkan kombinasi obat, menghindarkan diri dari pemicu asma, dan menjalankan pola hidup sehat

By Hanif Maulana - Kesehatan Rabu, 28 September 2016 08:25:16

Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Asma adalah sebuah penyakit jangka panjang yang bisa menyebabkan penderitanya batuk-batuk, sulit bernafas, serta mengalami mengi saat asmanya kambuh.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam selain sebagai…

Kesehatan
Manfaat Ikan Dori Untuk kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam…

Kesehatan
Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe

Penyebab Dermatitis Seboroik Membuat Kulit…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top