Tanya Herbal

Ceftriaxone Obat Untuk Infeksi Bakteri Seperti Pneumonia

Ceftriaxone merupakan obat antibiotik cephalosporin yang bisa dipakai dalam mengobati kondisi karena infeksi bakteri. Jenis Infeksi yang bisa ditangani dengan Ceftriaxone, obat untuk infeksi bakteri seperti pneumonia, meningitis, sepsis, gonore atau kencing nanah, infeksi kulit, serta infeksi dengan sel darah putih rendah. Tidak hanya itu, Ceftriaxone bisa diberikan juga untuk pasien yang akan menjalani prosedur operasi tertentu untuk mencegah infeksi terjadi. Karena obat yang satu ini  termasuk ke dalam golongan antibiotik, maka tidak bisa dipakai untuk mengatasi flu dan pilek yang merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus.

Ceftriaxone tergolong obat resep sehingga penggunaannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, namun harus sesuai dengan petunjuk dokter. Ceftriaxone berbentuk obat suntik dan bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa. Perempuan yang sedang merencanakan program kehamilan tidak disarankan untuk mengonsumsi Ceftriaxone. Begitu juga perempuan yang sedang menyusui, kecuali jika dokter mengizinkan. Dosis Ceftriaxone untuk anak-anak harus ditanyakan kepada dokter. Biasanya disesuaikan dengan berat badan masing-masing.

Dosis Tepat Ceftriaxone

Hati-hati dalam mengonsumsi Ceftriaxone jika Anda menderita gangguan ginjal, gangguan hati, dan gangguan pencernaan seperti kolitis. Waspadai penggunaan obat ini pada pasien yang menjalani diet rendah. Segera temui dokter jika terjadi overdosis maupun reaksi alergi. Dosis Ceftriaxone akan disesuaikan dokter dengan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan infeksi, serta jenis infeksi. Berikut kami jelaskan mengenai dosis penggunaan Ceftriaxone.

  • Untuk anak-anak yang berusia di atas 12 tahun sampai orang dewasa, dosis yang diberikan standarnya adalah 1 gram per hari. Sementara untuk infeksi parah, dosis bisa diberikan 2 sampai 4 gram per hari.
  • Untuk infeksi gonore, satu dosis Ceftriaxone sebanyak 250 miligram cukup untuk mengatasinya.
  • Untuk anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun, dosisnya harus dikonsultasikan dengan dokter. Dosis yang diberikan umumnya disesuaikan dengan berat badan yakni sekitar 20 sampai 50 miligram per kilogram berat badan.

Konsumsilah Ceftriaxone dengan benar. Ceftriaxone biasanya diberikan oleh dokter dengan cara disuntikkan. Pastikan Anda mengerti mengenai manfaat obat ini serta proses pengobatan Anda. Jauhkan Ceftriaxone dan perlengkapan untuk menyuntikkan dari jangkauan anak-anak. Jika selama mengonsumsi obat ini tidak ada perkembangan kesehatan serta gejala tidak sembuh, segera beritahu dokter.

Efek Samping Ceftriaxone

Ketahui efek samping dari penggunaan Ceftriaxone seperti :

  • Sariawan
  • Diare
  • Lelah, dan nyeri tenggorokan.

Hubungi dan konsultasi kesehatan dengan dokter jika efek samping Ceftriaxone mengganggu aktivitas Anda.


By Nandang Rohimat - Obat Kimia Selasa, 27 September 2016 13:25:35

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental

Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan…

Obat Kimia
Ciprofloxacin, Obat Untuk Menangani Infeksi Mata

Ciprofloxacin adalah obat antibiotik yang…

Obat Kimia
Antihistamin, Obat Untuk Mengatasi Alergi

Antihistamin merupakan obat maupun komponen…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top