Tanya Herbal

Diagnosis dan Pengobatan Batu Ginjal

Diagnosis dan Pengobatan Batu Ginjal Sesuai Ukurannya

Batu ginjal adalah kondisiter bentuknya material keras menyerupai Kristal atau batu di dalam ginjal. Dalam mendiagnosis batu ginjal, dokter biasanya akan menggali informasi dulu dari pasien mengenai gejala-gejala yang dialaminya. Dokter akan menanyakan apakah pasien pernah mengalami penyakit serupa sebelumnya atau tidak, apakah sering mengonsumsi suplemen atau makanan yang menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal, atau apakah memiliki riwayat keluarga yang berpenyakit sama atau tidak.

Setelah keterangan dari pasien dikumpulkan, selanjutnya tes dilakukan untuk memastikan diagnosis. Tes yang dijalani adalah berupa tes darah, tes urin, serta pemeriksaan menggunakan X-Ray, CT Scan, atau intravenous urogram. Pemeriksaan urin dilakukan untuk mengetahui tentang keberadaan infeksi di saluran kemih terkait batu ginjal. Jika sampel urin mengandung serpihan batu ginjal, maka tes tersebut bisa membantu dokter dalam mendiagnosis jenis batu ginjal apa yang terbentuk.


Sementara pemeriksaan darah dilakukan untuk membantu dokter dalam mengetahui kadar zat yang memiliki potensi sebagai penyebab batu ginjal missal kadar kalsium maupun asam urat dalam darah. Tidak hanya itu, tes darah juga dilakukan dalam memeriksa ginjal pasien, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Terakhir, pemeriksaan dengan CT Scan, X-Ray, maupun intravenous urogram (IVU) dapat dilakukan di rumah sakit. Ketiganya memiliki tujuan sama yakni untuk memastikan serta melihat posisi batu ginjal dengan akurat dan tepat. Analisis yang tepat sangat membantu dokter untuk menentukan penanganan serta obat apa yang sesuai dengan kondisi pengidap penyakit batu ginjal.

Pengobatan Batu Ginjal akan dibagi menjadi dua berdasarkan ukurannya. Jika batu ginjal masih kecil, batu tersebut masih bisa dibuang lewat saluran kemih tanpa harus melakukan prosedur operasi. Pengobatan Batu Ginjal yang masih kecil bisa dengan cara alami yakni dengan minum air putih cukup setiap hari. Dengan cairan yang ada secara terus menerus, batu ginjal diharapkan bisa terdorong keluar dengan alami.

Jika air putih belum cukup membantu terbuangnya batu ginjal, dokter akan meresepkan obat dalam melancarkan pengeluaran batuginjal. Biasanya, obat yang dipakai adalah tamsulosin. Jika gejala batu ginjal mengganggu aktivitas seperti timbulnya rasa nyeri, maka dokter akan meresepkan obat seperti ibuprofen, kodein, atauparasetamol. Tidak hanya meredakan sakit, dokter juga bisa jadi memberikan obat untuk menangani gejala muntah dan mual jika hal itu terjadi.

Pengobatan Batu Ginjal lewat prosedur operasi jarang dilakukan kecuali jika batu sudah besar dan menyumbat saluran kemih pasien. Beberapa prosedur dalam menangani batu ginjal besar diantaranya adalah ureterorenoskopi, bedah terbuka, extracorporeal shock wave lithotripsy atau ESWL, dan percutaneous nephrolithotomy atau PCNL.

By Raka Dimas - Pengobatan Senin, 26 September 2016 13:45:17

Diagnosis dan Pengobatan Batu Ginjal
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut ini kami akan menginformasikan kepada anda semua tentang Diagnosis dan Pengobatan Batu Ginjal yang wajib anda ketahui disini.
Pengobatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Cara Mengobati Bronkitis Akut

Bronkhitis adalah penyakit yang sering…

Pengobatan
Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Mata Bintitan

Bintitan merupakan kondisi adanya bintil…

Pengobatan
Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu

Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top