Tanya Herbal

Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi Disentri

Asam jawa atau yang bernama ilmiah Tamarindus indica ini umumnya dipakai sebagai bumbu masak Indonesia seperti sayur asem. Sesuai dengan namanya, asam jawa memang memiliki rasa masam. Kegunaannya tidak hanya dipakai untuk melengkapi rasa masakan, lebih dari itu, asam jawa juga memiliki banyak manfaat, salah satunya Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi Disentri. Berikut akan kami berikan informasi kepada Anda seputar manfaat asam jawa.

  1. Manfaat asam jawa untuk mengobati disentri. Penyakit yang menyerang usus ini ditandai dengan BAB disertai dengan darah serta perut terasa mulas. Disentri disebabkan karena adanya perkembangan amoeba dan bakteri. Ramuan asam jawa bisa mengatasi penyakit ini. Caranya, Anda bisa mencampurkan asam jawa dengan segelas air putih hangat.
  2. Manfaat asam jawa untuk mengobati difteri. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria dengan gejala seperti panas tinggi, sakit tenggorokan, serta sulit nafas dan menelan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat herbal yang terbuat dari asam jawa. Selain asam jawa, bahan lain yang diperlukan diantaranya adalah 5 gram lobak, 5 gram bawang merah, 5 gram kencur, serta 10 gram daun pepaya. Tumbuk semua bahan bersama asam jawa, seduh dengan air panas. Tidak untuk diminum tapi untuk dikumur. Lakukan tiga kali dalam sehari.
  3. Manfaat asam jawa untuk mengatasi demam. Siapkan satu jari asam jawa kering dan gula aren. Seduh dengan satu gelas air panas. Minum ketika hangat. Lakukan dua kali dalam sehari.
  4. Manfaat asam jawa untuk mengobati eksim. Penyakit kulit yang merusak jaringan ini akan membuat kulit mengeluarkan nanah dan mengelepuh. Asam jawa bisa digunakan untuk membantu mengatasi eksim. Cara memakainya adalah, siapkan satu genggam asam jawa, gula aren, dan umbi temulawak. Tumbuk lalu rebus dengan dua gelas air dan saring airnya. Minum dengan rutin ramuan obat herbal tersebut. Tumbukan asam jawa juga bisa dioleskan ke bagian kulit yang terkena eksim.
  5. Manfaat asam jawa untuk mengatasi darah rendah. Bahan-bahan untuk membuat ramuan herbal ini adalah dengan menyiapkan 5 gram asam jawa, 250 gram daun bayam, 10 gram gula, garam, dan 10 gram cabai rawit. Rebus bayam setengah matang untuk lalapan. Bahan lainnya tumbuk halus sampai menjadi sambal. Anda bisa menjadikannya sebagai teman makan siang.
  6. Manfaat asam jawa untuk mengobati ambeien. Untuk mengatasi ambeien, siapkan 6 gram daun keji beling, 3 gram temulawak, 6 gram meniran, serta 1 gram asam jawa. Rebus bahan dengan 1 liter air. Lalu biarkan dingin dan saring airnya. Minum tiga kali sehari.

Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi Disentri sering dilakukan oleh masyarakat sejak jaman dulu. Rempah ini juga sering dijadikan bahan pembuatan minuman menyegarkan dan, sebab rasanya yang asam. Rasa yang asam tersebut akan enak bila dipadukan dengan gula aren asli. Untuk mengobati disentri anda bisa mengkonsimsinya 1x sehari pada siang hari, setalah makan.

Anda bisa baca artikel tanya herbal lainnya, yang menarik dan bermanfaat untuk kesehatan. Berikut artikelnya :

By Irman Firmansyah - Obat Herbal Kamis, 22 September 2016 15:53:13

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Merk obat herbal untuk asam lambung yang bagus apa ya?

    1 Balasan

    Obat Herbal

    Hallo Dok, Saya rani 25 tahun. Belakangan ini saya sering mengeluhkan sesak nafas dan terasa panas di bagian dada, Dan ini mungkin karena penyakit asam lambung saya yang kembali kambuh,…

  • Daun Salam Sebagai Obat Diare

    1 Balasan

    Obat Herbal

    Siang pak admin ,,, saya mau tanya tolong penjelasannya biasanya kan ada jenis daun salam liar yang bisa ditemukan di hutan tuh, itu kan bisanya rasanya pahit katanya, nah, apakah…

  • Apakah Bawang Putih Bisa Mengobati Mata Bengkak ?

    1 Balasan

    Obat Herbal

    Ass.. Saya Mahrama berusia 22thn, rutinitas saya aktif didepan layar komputer. Tidak sengaja saya temukan situs "Tanya Herbal" ini. Untuk Admin, saya mau tanya. Saat ini saya mengalamai sakit mata,…


Obat Herbal
Obat Herbal Untuk Pencegahan Kanker Payudara Dari Sayuran

Sayuran memang banyak manfaatnya, ternyata…

Obat Herbal
Manfaat Bawang Putih Untuk Mengobati Mata Bengkak

Mata bengkak atau bintitan bisa…

Obat Herbal
Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Diare Herbal

Khasiat dan Manfaat Daun Salam…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top