Tanya Herbal

Gejala Anoreksia, Terobsesi Kurus Dengan Memuntahkan

Anoreksia merupakan sebuah penyakit yang biasanya diidap perempuan. Penyakit yang berkaitan dengan psikologi ini membuat seseorang membiarkan dirinya kelaparan karena merasa berat badannya berlebih dan tubuh terlalu gemuk, meski sebenarnya tidak. Mereka yang mengidap anoreksia memiliki obsesi untuk menurunkan berat badan serendah mungkin, bahkan sampai di bawah batas sehat.

Beberapa cara yang dilakukan pengidap anoreksia agar tubuh mereka bisa kurus adalah dengan berbohong ketika ditanyakan sudah makan atau belum, membatasi porsi makan, bahkan yang lebih parah adalah memuntahkan kembali apa yang sudah mereka makan. Penderita anoreksia biasanya menggunakan baju longgar dan selalu rutin untuk melakukan pengamatan tubuh di depan cermin, menimbang serta mengukur tubuh.



Tidak hanya itu, mereka juga berolahraga dengan berlebihan dan mengonsumsi obat - obatan penekan nafsu makan bahkan mengonsumsi obat pencahar. Jika seseorang benar - benar terobsesi untuk menjadi kurus, dia bisa juga mengonsumsi obat - obatan diuretik atau obat pembuang cairan tubuh dan enema atau pemicu pengosongan usus.

Ketidak puasan pengidap anoreksia terhadap berat tubuhnya menyebabkan mereka tidak percaya diri. Mereka menganggap harga diri mereka dipengaruhi berat badan. Hal tersebut mengakibatkan dia merasa terkucil dan tidak tertarik untuk bersosialisasi dengan orang lain. Tidak sedikit pengidap anoreksia mempunyai masalah dalam berhubungan dengan orang lain baik itu urusan pekerjaan, pertemanan, maupun keluarga.

Karena asupan makan yang terbatas, pengidap anoreksia akan mengalami berbagai masalah kesehatan fisik. Berikut kami jelaskan gejala anoreksia atau hal-hal yang sering terjadi berkaitan dengan fisik penderita anoreksia. Nah, berikut gejala anoreksia, terobsesi kurus dengan memuntahkan kembali makanan adalah anemia, perut kembung, kelelahan, konstipasi, insomnia, pusing, sakit kepala, bengkak pada lengan dan kaki, nafas bau, jari kaki dan tangan menjadi membiru karena sirkulasi yang buruk, rambut rontok, demam, detak jantung tidak teratur, masalah pertumbuhan fisik pada anak-anak dan remaja, kulit kering dan berwarna kekuningan, dehidrasi, tidak tahan dengan suhu dingin, kuku yang mudah patah, tekanan darah rendah, gangguan menstruasi pada perempuan, dan sering pingsan.

Sejauh ini, penyebab anoreksia belum jelas diketahui. Spesialis menduga munculnya gejala tersebut dikarenakan berbagai faktor seperti genetika atau biologis, lingkungan, dan psikologis. Pengidap anoreksia umumnya lebih tertutup dan mudah stress. Anoreksia bisa muncul karena tuntutan profesi dan peristiwa yang mengecewakan seperti putus hubungan. Profesi yang rawan mengalami anoreksia adalah model, aktris, actor, penari, dan atlet.

Selain itu, anoreksia juga bisa di sebabkan karena adanya perubahan kadar hormon serta fungsi otak. Perubahan hormon tersebut bisa mempengaruhi bagian otak yang menjadi pengendali nafsu makan serta memicu perasaan bersalah akibat makan banyak.

Sekilas ulasan kesehatan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jika anda ingin menanyakan soal kesehatan silahkan langsung saja tanyakan di tanya herbal.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 21 September 2016 09:54:08

Gejala Anoreksia, Terobsesi Kurus Dengan Memuntahkan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah informasi yang akan saya sampaikan kali ini tentang Gejala Anoreksia, Terobsesi Kurus Dengan Memuntahkan yang pastinya akan bermanfaat bagi anda
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah

SImaklah informasi kali ini yang…

Kesehatan
Penyebab Cacar Air

Kali ini kita berkesempatan untuk…

Kesehatan
Pemantauan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Pemantauan kadar gula darah pada…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top