Tanya Herbal

Chlorpheniramine Obat Untuk Meredakan Alergi

Alergi adalah sebuah kondisi yang terjadi dimana sistem kekebalan tubuh menganggap sesuatu adalah sebuah hal yang berbahaya padahal sebenarnya tidak. Alergi terjadi karena alergen tertentu seperti debu, serangga, obat, atau makanan tertentu. Adalah Chlorpheniramine, obat untuk meredakan alergi.


Ketika terjadi alergi, produksi histamin di dalam tubuh meningkat signifikan sehingga memunculkan berbagai gejala yang disebut reaksi alergi. Bentuknya macam-macam seperti hidung mampet, bersin-bersin, mata berair, beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan, dan gatal serta ruam pada kulit. Cara bekerja Chlorpheniramine adalah dengan menghambat efek zat histamin.

Peringatan :

Obat yang berbentuk obat cair oral, tablet, dan obat suntik ini bisa dikonsumsi anak di atas usia 1 tahun sampai orang dewasa. Perempuan yang sedang hamil dan menyusui boleh mengonsumsi Chlorpheniramine hanya jika dokter menganjurkan. Hati-hati dalam mengonsumsi obat yang satu ini jika Anda menderita bronkitis, asma, hipertensi, glaukoma, epilepsi, gangguan hati, gangguan prostat, serta penyumbatan usus.

Jika sedang mengonsumsi obat apapun, alangkah baiknya untuk konsulitasi kesehatan dengan dokter sebelum mengonsumsi Chlorpheniramine. Tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini bersamaan dengan obat lain tanpa adanya petunjuk dari dokter karena bisa menyebabkan efek samping berbahaya. Hindari mengoperasikan mesin ataupun mengemudi selama menjalani pengobatan dengan Chlorpheniramine karena obat ini menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk. Minuman keras bisa membuat rasa kantuk lebih parah. Oleh karena itu jauhi minuman keras.

Dosis Chlorpheniramine

Dosis Chlorpheniramineakan disesuaikan dengan umur anak. Berikut lebih rincinya akan kami jelaskan.

  • Untuk anak-anak usia 1 sampai 2 tahun, dosisnya 1 miligram dua kali sehari.
  • Untuk anak-anak usia 2 sampai 6 tahun, dosisnya 1 miligram setiap 4 sampai 6 jam. Batas maksimal dosisnya adalah 6 miligram per hari.
  • Untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun, dosisnya 2 miligram setiap 4 sampai 6 jam. Batas maksimal dosisnya adalah 12 miligram per hari.
  • Untuk anak-anak usia 12 tahun sampai dewasa, dosisnya 4 miligram setiap 4 sampai 6 jam. Batas maksimal dosisnya adalah 24 miligram per hari.

Sebelum mengonsumsi Chlorpheniramine, biasakan untuk membaca anjuran dan informasi pada kemasan obat. Beri waktu antar dosis dalam mengonsumsi Chlorpheniramine dan bisaakan untuk mengonsumsinya di jam yang sama agar efeknya maksimal. Hentikan penggunaan jika gejala alergi sudah reda karena obat ini memang hanya bisa digunakan untuk jangka pendek.

Efek Samping Chlorpheniramine

Kenali efek samping Chlorpheniramine seperti

  • Mulut kering
  • Pandangan kabur
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Rewel yang terjadi pada anak-anak
  • Nyeri perut
  • Konsentrasi berkurang, serta sulit buang air kecil.

By Nandang Rohimat - Obat Kimia Selasa, 20 September 2016 08:12:23

Chlorpheniramine Obat Untuk Meredakan Alergi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Alergi terjadi karena alergen tertentu seperti debu, serangga, obat, atau makanan tertentu. Adalah Chlorpheniramine, obat untuk meredakan alergi.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental

Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan…

Obat Kimia
Ceftriaxone Obat Untuk Infeksi Bakteri Seperti Pneumonia

Ceftriaxone, obat untuk infeksi bakteri…

Obat Kimia
Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan Dahak

Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top