Tanya Herbal

Pengobatan Angin Duduk Resep Dokter

Angin duduk atau angina adalah kondisi dimana penderita mengalami sakit pada bagian dada karena otot jantung kurang pasokan darah. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai pengobatan angina duduk yang bertujuan untuk mengurangi ringkat keparahan gejala serta menurunkan risiko penderita mengalami serangan jantung dan kematian mendadak.

Angin duduk dengan gejala yang cukup ringan atau menengah bisa ditangani tanpa obat yakni dengan menjalani pola hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan buruk penyebab angina duduk. Berikut gaya hidup sehat yang sebaiknya dijalani orang yang didiagnosis mengalami angina duduk ringan.

  • Konsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.
  • Jangan makan melebihi kalori yang diperlukan tubuh.
  • Seimbangkan aktivitas fisik dengan istirahat. Baiknya minta petunjuk dokter mengenai olahraga yang baik untuk kondisi Anda.
  • Hindari stress, hindari merokok dan asap rokok, serta hindari minuman keras.
  • Jika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, lakukan program penurunan berat badan.
  • Kontrol gula darah secara rutin jika Anda mengalami diabetes.

Jika angin duduk tidak bisa diatasi dengan gaya hidup sehat yang telah Anda terapkan, maka dokter akan meresepkan obat-obatan berikut.

  1. Obat-obatan pencegah pembekuan darah yang berfungsi mencegah penggumpalan dan memisahkan kepingan-kepingan darah.  Contoh obat tersebut adalah ticagrelor dan clopidogrel.
  2. Aspirin yang berfungsi menurunkan kemampuan darah untuk menggumpal. Hal ini membuat darah mengalir dengan mudah sekalipun lewat pembuluh sempit. Aspirin juga bisa menurunkan risiko serangan jantung.
  3. Stati yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol sehingga kerusakan pembuluh darah bisa dicegah. Statin juga bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  4. Obat-obatan nitrat. Tidak hanya efektif dalam menangani gejala angina, nitrat juga bisa dipakai sebagai metode pencegahan jangka panjang dan bisa dipakai sebelum beraktivitas yang berpotensi menyebabkan angina duduk seperti berolahraga.
  5. Obat penghambat saluran kalsium yang berfungsi melancarkan aliran darah dalam jantung serta meredakan gejala angina duduk.
    Baca Juga : Dopamine, Obat Jantung dan Gagal Ginjal
  6. Nicorandil biasanya dipakai oleh orang yang tidak dapat mengonsumsi obat penghambat kalsium. Nicorandil mempunyai fungsi dan cara kerja yang sama dengan obat penghambat kalsium seperti memperlancar aliran darah pada jantung dengan memperlebar arteri koroner.
  7. Obat penghambat beta yang berfungsi untuk menangkal efek hormon adrenalin sehingga ritme jantung menurun dan tekanan darah berkurang.
  8. Ivabradine mempunyai cara kerja yang sama seperti obat penghambat beta, tetapi biasanya hanya dijadikan alternatif jika penderita angina tidak dapat mengonsumsi obat tersebut.
  9. Ranolazine yang berfungsi untuk melemaskan otot jantung dan memperlancar aliran darah.
  10. Obat penghambat enzim pengubah angiotensin.

Itulah Pengobatan Angin Duduk Resep Dokter. Segera lakukan penanganan pertama bagi penderita angin, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

By Dede Rusdiaman - Pengobatan Jum'at, 16 September 2016 13:54:33

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Mengobati Angin Duduk Dengan Operasi

Angin duduk atau angina merupakan…

Pengobatan
Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Terkhusus untuk anda yang sedang…

Pengobatan
Obat Untuk Menangani Alergi

Cara mengatasi alergi dengan Obat…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top