Tanya Herbal

Amitriptyline, Obat Untuk Mengatasi Depresi

Amitriptyline merupakan sebuah obat yang tergolong anti depresan trisiklik dan berfungsi sebagai obat depresi. Amitriptyline, obat untuk mengatasi depresi yang bekerja dengan cara meningkatkan kadar zat kimia tertentu dalam otak sehingga gejala depresi secara perlahan menurun.

Selain bisa dipakai untuk mengobati depresi, Amitriptyline juga bisa dipakai untuk mencegah migraine dan meredakan nyeri saraf.


Amitriptyline, Obat Untuk Mengatasi Depresi

Obat yang tergolong obat resep ini bisa dikonsumsi orang dewasa dan berbentuk cairan yang diminum serta tablet. Perempuan yang sedang mengandung tidak direkomendasikan mengonsumsi Amitriptyline kecuali jika melakukan konsultasi kesehatan terlebih dahulu dandokter mengizinkan. Sementara untuk perempuan yang sedang menyusui, obat ini mutlak tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena akan mempengaruhi ASI.

Amitriptyline juga tidak bisa dikonsumsi anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun. Hati-hati dalam mengonsumsi Amitriptyline jika sedang menderita diabetes, glaukoma, konstipasi, epilepsi, porfiria, gangguanprostat, tumor kelenjar adrenal, gangguan mental, gangguan hati, serta gangguan jantung. Hati-hati pula jika terdiagnosis mempunyai kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Mengonsumsi Amitriptyline bisa menyebabkan kantuk. Karena itu, sebaiknya tidak mengoperasikan alat berat atau berkendara selama mengonsumsinya.

Dosis Amitriptyline umumnya sebanyak 50 sampai 100 miligram per hari. Takaran tersebut dibagi lagi menjadi beberapa dosis atau bisa juga diminum sekaligus pada malam hari. Jika perlu, dokter bisa menaikkan dosis sampai 150 miligram. Dosis akan ditentukan dokter berdasarkan kondisi kesehatan, tingkat keparahan penyakit, dan respon pasien terhadap obat.

Orang yang telah lanjut usia umumnya akan diberi kandosis yang lebih rendah sekitar 10 sampai 25 miligram tiga kali sehari. Selanjutnya dokter bisa juga menaikkan dosisnya dengan perlahan jika perlu. Untuk lansia yang intoleran terhadap dosis tinggi, batas maksimal Amitriptyline adalah sebanyak 50 miligram per hari.

Konsumsi Amitriptyline dengan benar dan biasakan untuk membaca informasi pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Amitriptyline bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan. Beri jarak cukup antara dosis. Upayakan untuk mengonsumsi obat ini di jam yang sama setiap hari agar tidak lupa dan agar efeknya maksimal.

Setelah mengonsumsi Amitriptyline, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari seperti alergi. Jika terjadi pada Anda, selalu gunakan tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan di siang hari. Jauhi alkohol selama mengonsumsi Amitriptyline karena alkohol bisa meningkatkan risiko terjadi nya efek samping.

Kinerja Amitriptyline baru mulai terasa setelah satu atau dua minggu konsumsi. Manfaat maksimalnya bisa terlihat setelah empat sampai enam minggu. Beberapa efek samping bisa terjadi usai mengonsumsi Amitriptyline diantaranya adalah konstipasi, pusing ketika bangun tidur, nyeri perut, mual, diare, dan mulut terasa kering.

By Rahman Amaruloh - Obat Kimia Jum'at, 16 September 2016 10:26:09

Amitriptyline, Obat Untuk Mengatasi Depresi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Amitriptyline merupakan sebuah obat yang tergolong anti depresan trisiklik dan berfungsi sebagai obat depresi. Amitriptyline, obat untuk mengatasi depresi yang bekerja dengan cara meningkatkan kadar zat kimia tertentu
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Clonazepam, Obat Penurun Frekuensi Kejang-Kejang

Clonazepam obat penurun frekuensi kejang-kejang…

Obat Kimia
Candesartan Obat Untuk Mengobati Hipertensi

Candesartan Obat Untuk Mengobati Hipertensi…

Obat Kimia
Dimethicone Obat Untuk Melindungi Kulit

Dimethicone Obat Untuk Melindungi Kulit…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top