Tanya Herbal

Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan

Edisi postingan tanya herbal kali ini akan membahas manfaat bengkoang untuk kecantikan, kenapa bisa bermanfaat ? sebab bangkuang memiliki kandungan-kandungan yang sangat bagus untuk kecantikan juga kesehatan kulit. Bengkoang merupakan sayur yang berasal dari umbi akar. Bentuknya menyerupai kentang tetapi lebih besar dan seperti lobak coklat. Saat dimakan dengan mentah, bengkoang mempunyai tekstur renyah dengan rasa yang ringan. Di wilayah Jawa Barat, bengkoang bisa dijadikan sebagai sayuran untuk petis. Beberapa menjadikan bengkoang sebagai isian untuk lumpia basah. Bengkoang juga bisa dipakai untuk lauk pauk misalnya ditumis. Berikut akan kami uraikan manfaat bengkoang serta kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Bengkoang merupakan sayur yang kandungan kalorinya sangat rendah. Yakni hanya 35 kalori per 100 gram. Namun di dalamnya terkandung serat yang tinggi, antioksidan, vitamin, dan mineral. Bengkoang menjadi sumber yang sangat baik dari inulin oligofructose. Inulin adalah sebuah karbohidrat lembam manis dengan 0 kalori. Bengkoang juga kaya akan vitamin C dan menyediakan 20,2 miligram atau sekitar 34 persen kebutuhan vitamin C harian.

Manfaat bengkoang untuk kecantikan memang tidak diragukan lagi, sebab di dalamnya mengandung Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas, melindungi tubuh dari serangan kanker, virus batuk, peradangan, dan dingin. Kandungan bengkoang lainnya adalah vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat, asam pantotenat, piridoksin, dan thiamin. Selain itu, sejumlah mineral juga terkandung di dalam bengkoang seperti tembaga, magnesium, mangan, dan zat besi.

Manfaat bengkoang untuk kecantikan pun bukan isapan jempol belaka. Kandungan vitamin C dalam bengkoang mampu memberi rangsangan pada sel kulit untuk melakukan regenerasi atau peremajaan. Tidak heran banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahannya. Manfaat bengkoang untuk kecantikan akan didapat jika penggunaannya dilakukan dengan konsisten. Di rumah, Anda bisa membuat masker bengkoang. Caranya dengan memarut bengkoang, lalu menjadikannya masker pada wajah yang telah dibersihkan.

Umumnya, bengkoang banyak terdapat di pasaran baik di pasar tradisional ataupun super market. Pilih bengkuang dengan bentuk bulat dan tampak masih segar. Hindari bengkoang yang sudah keriput, permukaannya retak, dan kulit memar. Bengkoang sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Tidak dianjurkan menyimpannya di dalam lemari es karena paparan suhi di bawah 10 derajat celcius bisa merubah tekstur dan warnanya.

Manfaat bengkoang untuk diet sehat juga bisa diambil. Meskipun sudah terbaukti manfaat bengkuang untuk kecantikan itu cukup banyak, Namun tidak dianjurkan mengonsumsi bengkoang secara berlebihan. Karena terlalu banyak serat bisa menyebabkan efek samping untuk pencernaan. Misalnya sakit perut.

Hal lain yang perlu Anda ketahui, tanaman bengkoang mengandung toksin organik larut di dalam lemak yakni retonone yang terkonsentrasi pada bagian puncak daun. Beberapa studi mengemukakan kandungan tersebut ada kaitannya dengan penyakit Parkinson.

Artikel terkait : tanaman untuk menyuburkan kandungan

By Irman Firmansyah - Kecantikan Kamis, 15 September 2016 16:21:27

Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda tahu bengkoang ? tahukah kamu Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan, selain itu juga baik untuk kesehatan kulit
Kecantikan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Kecantikan
Efek Samping dan Bahaya Cream Pemutih Wajah

Berikut kami akan menginformasikan Efek…

Kecantikan
Manfaat dan Cara Membuat Masker Temulawak

Masker temulawak sangat bagus sekali…

Kecantikan
Efek Samping Zat Kimia Paraben Pada Produk Kecantikan

Efek Samping Zat Kimia Paraben…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top